Review Manga One-Shot Minato! Pertarungan Minato Melawan Kyubi

Beberapa waktu yang lalu diadakan pemilihan karakter Naruto terfavorit yang diikuti oleh banyak penggemar. Karakter yang menang pemilihan, bakal dibuatkan manga one-shot oleh Masashi Kishimoto. Dari sekian banyak karakter yang ada dalam serial Naruto, Minato Namikaze terpilih menjadi pemenang karakter terfavorit.

Masashi Kishimoto pun membuat manga one-shot yang menceritakan tentang Minato, dengan judul “Naruto Gaiden: Uzu no Naka no Tsumujikaze”. Manga one-shot Minato itu memiliki cerita yang seru dan memperlihatkan berbagai hal menarik.

Berikut ini pembahasan tentang cerita dalam manga one-shot Minato!

Tim Jiraya Vs Dua Jinchuriki

Manga one shot Minato dibuka dengan menampilkan Tim Jiraya yang sedang berada di garis depan medan perang. Di sana, mereka harus berhadapan dengan dua Jinchuuriki dari Desa Iwa, yaitu Han sang Jinchuriki Gobi dan Roshi sang Jinchuriki Yonbi. Roshi dan Han menggunakan kekuatan Biju mereka lalu melancarkan teknik Bijudama secara bersamaan ke arah Tim Jiraya.

Jiraya yang melihat Bijudama berkata kepada Minato bahwa mereka harus segera mundur. Minato pun menggunakan Jurus Hiraishin untuk memindahkan dirinya bersama Jiraya dan dua temannya ke tempat yang aman. Jadi, Bijudama hanya meledak di tempat kosong, di mana Minato dan kawan-kawan sudah tidak lagi berada di sana.

Setelah melihat kekuatan dari Biju, Minato pun langsung teringat akan Kushina, karena Kushina juga seorang Jinchuuriki yang memiliki Kyubi di dalam dirinya.

Keseharian Kushina sebagai Jinchuuriki Kyubi

Manga one-shot Minato cukup banyak memperlihatkan keseharian Kushina di Desa Konoha sebagai seorang Jinchuuriki Kyubi. Saat sedang tidur, Kushina sering mengalami mimpi buruk yang menampilkan Kyubi sedang berbicara kepadanya. Begitu dia terbangun, Kushina pun harus melihat pemandangan yang sama seperti hari-hari sebelumnya, karena kehidupannya cukup terkekang.

Sebagai Jinchuuriki Kyubi, Kushina tidak bisa berkeliaran bebas seperti orang-orang pada umumnya. Setiap hari Kushina dijaga oleh dua orang Anbu yang sering mengingatkannya bahwa dia tidak boleh pergi keluar dari Kekkai. Kushina sering melatih Minato kemampuan Fuinjutsu, tapi tentu pertemuan dan latihan bersama Minato harus dilakukan di dalam area Kekkai.

Hanya saja, kali ini Minato belum bisa berlatih bersama Kushina, karena Minato harus fokus berlatih jurus baru di tempat lain, yang dia sebut sebagai Tempat Latihan Nomor 3.

Kilas Balik Kushina dan Minato

kushina uzumaki and minato namikaze

Manga one-shot Minato juga menampilkan kilas balik Kushina ketika masih kecil yang sedang bersama dengan Uzumaki Mito, istri Hashirama sekaligus Jinchuriki Kyubi sebelum Kushina. Mito berperan penting dalam memberikan Kushina nasihat dan dukungan moral.

Dia juga pernah membawa Kushina untuk melihat simbol Klan Uzumaki sekaligus menjelaskan secara singkat tentang klan tersebut. Mito juga membawa Kushina untuk naik melalui tangga unik agar bisa mencapai atap bangunan. Kushina bertanya apakah itu tangga Uzumaki (spiral), tapi Mito menjawab bahwa itu merupakan tangga Rasen (pusaran).

Ketika mencapai atap, mereka bisa melihat dengan jelas pahatan patung wajah Hokage. Mito berkata bahwa dia sering ke sana saat merasa kesepian. Dia juga menjelaskan kepada Kushina bahwa dia dan Kushina mungkin memang berada di tengah pusaran, tapi jika mereka berusaha untuk tidak terhanyut di dalamnya, maka mereka akan menemukan cinta.

Penciptaan Rasengan

Dalam manga one-shot Minato ini juga memperlihatkan proses penciptaan Rasengan. Alasan mengapa Minato sebelumnya tidak bisa berlatih Fuinjutsu dengan Kushina, karena dia ingin fokus menciptakan jurus baru tersebut. Minato mencoba menciptakannya didampingi oleh Jiraya. Dia gagal berkali-kali karena Chakra yang tidak stabil justru membuat jurus itu meledak.

Setelah mendapatkan penjelasan dari Jiraya tentang bagaimana orang-orang zaman dulu memproses Chakra sesuai dengan arah putaran pusar di kepala mereka, Minato ingin meniru cara tersebut dalam menciptakan jurus barunya. Namun, pusar Minato ternyata ada dua, sehingga hal itu membuat dirinya bingung. Untung saja, tak lama setelah itu dia seperti tercerahkan. Tak masalah walau pusaran ada dua, karena jika keduanya diproses dengan cara yang sama, maka Minato akan mendapatkan hasil yang diinginkan.

Akhirnya, Minato pun berhasil menciptakan jurus yang terinspirasi dari Bijudama itu dengan baik. Awalnya, jurus tersebut bukan bernama Rasengan, karena Minato memberinya nama Kourin Reikka Hakkitsu Mujijiraiya Soushiki no Gan. Menurut Jiraya, nama jurus itu terlalu panjang dan jelek.

Adu Serangan Rasengan Minato dan Bijudama Kyubi

Adu Serangan Rasengan Minato dan Bijudama Kyubi

Setelah Minato selesai latihan, Kushina muncul di sana usai Kushina mengikat dua penjaganya dengan jurus rantai. Kushina nekat melewati Kekkai dan dia berbohong kepada Minato dengan berkata bahwa dia telah mendapatkan izin khusus dari Hokage Ketiga. Di sana, Kushina lepas kendali karena ulah Kyubi, sehingga Kushina pun memasuki Mode Jinchuriki dan mulai mengamuk.

Untung saja, Minato segera memakai Fuinjutsu untuk menahan kekuatan Kyubi dalam tubuh Kushina. Di dalam dimensi tempat Kyubi berada, Kushina juga memberi perlawanan dengan menahan Biju itu memakai jurus rantai miliknya. Namun, amukan Kyubi terlalu kuat sehingga membuat Kushina kerepotan.

Bahkan di dunia luar, Kushina yang lepas kendali telah menusuk Minato secara tidak sengaja. Meski keadaan menjadi sangat berbahaya dan kondisi Minato telah terluka, tapi dia menolak untuk meninggalkan Kushina.

Minato pun masuk dalam dimensi tempat Kyubi berada, lalu saling serang dengan Kyubi. Minato menggunakan jurus yang baru saja selesai dia ciptakan, yang kita tahu kemudian akan bernama Rasengan. Sedangkan Kyubi memakai Bijudama. Rasengan dan Bijudama pun beradu dalam dimensi tersebut, lalu setelah itu Minato pingsan dan sadar sudah berada di rumah sakit.

Penamaan Jurus Rasengan Berasal dari Kushina

Penamaan Jurus Rasengan Berasal dari Kushina

Pada bagian akhir cerita manga one shot Minato, Minato dan Kushina naik ke atas gedung yang sama seperti saat Kushina sedang bersama Mito dulu. Kushina telah mendengar nama dari jurus baru Minato yang sangat panjang dan jelek.

Akhirnya, Kushina pun memberikan jurus itu nama lain dan Minato mengizinkannya. Nama dari jurus tersebut seperti yang kita tahu adalah Rasengan. Jadi, penamaan jurus Rasengan ternyata berasal dari Kushina!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *