Kekuatan Misterius Inilah 3 Jenis Haki Dalam Serial One Piece

Haki merupakan salah satu kekuatan yang misterius di dunia One Piece. Berdasarkan Silvers Rayleigh, Haki dibedakan menjadi 3 jenis; Kenbunshoku Haki, Busoshoku Haki, dan Haoshoku Haki.Haki adalah kekuatan terpendam dalam diri setiap manusia, “keberadaan”, “ambisi”, “intimidasi”. Ini tidak berbeda dengan indera yang dapat manusia rasakan secara alamiah. Tetapi, hampir sebagian besar manusia tidak menyadari kekuatan ini. Atau, mereka mencoba untuk membangunkan kekuatan itu, tapi gagal melakukannya seumur hidup mereka.

Silvers Rayleigh to Monkey D. Luffy, One Piece Vol.61

Sampai saat ini, tokoh utama yang bernama Monkey D. Luffy sudah memiliki kekuatan dari ketiga jenis Haki tersebut. Lalu, apa sebenarnya Haki itu? Berikut ulasannya.

1. Kenbunshoku Haki (Pengamatan)

Secara teknis pengguna jenis Haki ini dapat menggunakannya untuk mendeteksi keberadaan musuh ataupun seseorang disuatu tempat.

Menariknya, pengguna Kenbunshoku Haki ini bisa mendeteksi keberadaan musuh ataupun seseorang tanpa harus melihatnya secara langsung. Entah dari berapa jumlah musuh/seseorang yang ada maupun apa yang sedang dilakukan oleh musuh/seseorang tersebut.

Di pulau langit, Skypea (Arc Skypea), kemampuan ini disebut sebagai “Mantra“. Seperti yang pernah dilakukan Enel, dia juga bisa menggunakan Haki ini pada buah iblis yang dimilikinya.

Jika pengguna yang memiliki kemampuan ini dapat melatihnya hingga ke tingkat tinggi, pengguna akan bisa melihat masa depan seperti yang pernah dilakukan oleh Charlotte Katakuri.

Selain itu, Haki jenis ini juga bisa dipusatkan pada indera penglihatan (mata) penggunanya sehingga pengguna dapat melihat aura musuh/seseorang dari jarak yang sangat jauh.

Dari kasus ini, Usop dari Bajak Laut Topi Jerami dan Van Auger dari Bajak Laut Kurohige, Blackbeard yang merupakan seorang penembak jitu, dapat melakukannya dengan sangat baik.

2. Busoshoku Haki (Pelindung)

Selanjutnya adalah Busoshoku Haki atau sering disebut sebagai Haki Pelindung. Menurut Silvers Rayleigh, jenis Haki inilah yang tepat digunakan untuk melawan musuh yang tak berwujud atau tak bisa disentuh.

Benar saja, ada banyak pengguna buah iblis yang tak bisa disentuh dengan tangan terbuka, contohnya; Smoker (Asap), Aokiji (Es), Kizaru (Cahaya), Sakazuki (Magma), Magelan (Racun), Ace-Sabo (Api), Caesar (Gas), Trebol (Lendir), Monet (Salju), dan masih banyak lagi.

Dengan Busoshoku Haki, pengguna dapat melindungi tubuhnya dari serangan tanpa tersentuh sedikitpun oleh musuh. Tentu saja, dengan Haki ini juga bisa digunakan untuk melawan musuh, terutama musuh yang tak bisa disentuh seperti yang saya sebutkan sebelumnya.

Selain itu Haki jenis ini juga dapat ditanamkan pada senjata seperti pedang, panah (Bajak Laut Kuja), tubuh pengguna buah iblis atau yang lainnya.

Untuk yang sering kamu lihat, mungkin kamu pernah melihat penggunaan pedang yang dilakukan oleh Zoro, dimana pedang yang dia gunakan seperti telah dilapisi dengan selaput berwarna hitam pekat.

3. Haki Haoshoku (Penakluk)

Haoshoku Haki atau yang sering kita sebut sebagai Haki Raja ini merupakan tipe Haki yang sangat langka dan hanya orang-orang terpilih saja yang memilikinya.

Karena apa? Karena kekuatan ini akan muncul dari ambisi individunya sendiri, tidak bisa dilatih, dan tidak bisa dipelajari.

Menurut saya, jenis Haki inilah yang paling menarik dari kedua Haki lainnya. Dengan Haki ini, pengguna dapat mengintimidasi musuh tanpa harus melawannya.

Bisa dibilang, Haki ini dapat melumpuhkan manusia, monster, sea king, tanpa harus menyentuhnya secara langsung.

Selain itu, Haki ini juga dapat digunakan secara tidak sadar seperti yang pernah digunakan Luffy saat dia pingsan. Ini merupakan salah satu momen sederhana yang paling menarik menurut saya di serial One Piece.

Itulah 3 jenis Haki yang ada di serial One Piece. Bagaimana pendapatmu? Apakah ada momen krusial yang membuatmu terkagum-kagum dari kekuatan Haki ini?

Sampaikan pendapatmu dikolom komentar yah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *